Minggu, 08 Mei 2011

Novel Rinai Kabut Singgalang Mengangkat Alam Kultural


SuaraKampus.Com – LPM Idealita STAIN Batusangkar mengadakan Bedah Novel Rinai Kabut Singgalang, 12 Maret 2011 lalu. Dalam acara yang dilaksanakan di Aula auditorium STAIN Batusangkar ini, menghadirkan Damhuri Muhammad dan Elly Delfia (Dosen Sastra Unand), Muhammad Subhan (pengarang Novel Rinai Kabut Singgalang) dan Muhammad Jujur (pencipta Lagu Ode Rinai Kabut Singgalang). Kegiatan yang bertemakan 'mengarang dan menerbitkan novel itu gampang" ini diikuti oleh mahasiswa dan guru.

Damhuri Muhammad dalam membedah Novel ini mengatakan bahwa novel ini mengangkat alam kultural sebagai sandaran. "Novel ini mengingatkan kita pada novel Balai Pustaka dan mengkonversi ingatan pembaca", ungkapnya. Ia juga mengkritik novel Rinai Kabut Singgalang ini terlalu fokus kepada Fikri dan terlalu berdalam-dalam dengan perasaan. Sementara itu, mengenai tema acara ini ia mengungkapkan "tidak banyak yang suka jadi pengarang". Menurutnya membaca merupakan hal yang penting karena membaca merupakan bahan menulis jadi membacalah," tutupnya di akhir pertemuan.

Dosen Sastra Unand Elly Delfia menuturkan, Novel RKS ini bernuansa etnik dan masa lalu. Novel ini menurutnya terlalu berlarut-larut dalam kesedihan dan mengungkapkan kekalahan lelaki. Ia juga memberikan resep untuk pengarang bahwa menulis dan menerbitkan novel jangan menunda-nunda menulis. Menurutnya menulis novel itu ibarat mengobati kanker, selanjutnya ditambah dengan suplemennya yaitu membaca.

Bedah Novel ini juga diselingi oleh lagu-lagu yang dibawakan Muhammad Jujur, seniman dan pencipta lagu.

Sementara dalam menulis Novel Rinai Kabut Singgalang Muhammad Subhan mengatakan latar belakang ditulisnya ada beberapa orang guru yang mengatakan rindu dengan Novel bernuansa lama. Selanjutnya ada rasa, dan rasa itu ia tuliskan. Ia juga mengungkapkan bahwa isi novel ini sekitar sepuluh persen merupakan perjalanan hidupnya.

Sumber di: http://suarakampus.com/?mod=berita&se=detil&id=188

Data penerbitan: Sabtu, 12/03/2011 16:54 WIB | Ilham Mustafa

Gambar: Website Suara Kampus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar